Senin, 23 Desember 2019

Kuliner Jogja yang harus kamu coba

Ini draft dari kapan², haha belom diposting hp nya keburu ilang, padahal semua foto ada disana. Buat hiburan diposting aja :D No pic Hoax ya :P buat dokumentasi kalau ke jogja mau makan lagi, sambil foto ulang haha

Libur lebaran kemarin mendadak suami ajak ke Jogja dadakan. Malem-malem disuruh packing baju, mau coba jalan tol baru katanya haha.. Yo wis. cuss packing prepare baju.

Kita brangkat tanggal 7-6-19, jalan jam 4.40 pagi dari rumah. Jalanan lancar jaya sampai keluar tol boyolali baru deh bermacet-macet ria. Karena ga ada planning mau kemana jadi tujuannya apalagi kalo bukan kuliner :D

Jam 10.30 kita sudah keluar tol boyolali, lanjut perjalanan ke Jogja. Karna mengandalkan google map, ga perhatiin alternatif jalan lain selain yang disarankan mbah gps.  Dan ternyata kita salah pilih jalan haha, masuk Klaten ke jalan kecil persawahan kanan kiri, cuma muat 1 mobil. Stuck disana sampe jam 13.30 yasalam..

1. Soto Kadipiro
Perut uda kelaperan, pas banget ngelewati Soto kadipiro, tanpa mikir panjang, langsung parkir kita makan disana.

Sotonya enak banget, aku pilih soto campur ayam+daging. Sotonya pakai ayam kampung asli, kuahnya enak, perut lapar langsung teratasi seketika. Harganya pun bersahabat, ramah dikantong.

Kalau mau tambahan daging ayam, kita bisa pilih perpotong bagian ayam dari ceker sampai ke jeroan. Ada telor puyuh, perkedel, ati ampela juga gorengan. Kenyang makan lanjut perjalanan menuju hotel. Jam 14.40 sampai dihotel, kita check in, trus istirahat sebentar dihotel.

2. Gudeg Yu Djum 
Selepas istirahat lanjut JJS, kita langsung menuju Gudeg Yu Djum Wijilan. Karena rame banget, ga dapet tempat jadi kita bungkus aja. Harga nasi + gudeg+krecek+paha ayam+telur Rp. 50.000,- Harga segitu menurut perhitunganku agak mihil ya hehe soalnya gudeg sama kreceknya cuma secuil. Tapi balik lagi keselera, karena mahal itu relatif kan ya :D

3. Bakso Kota Cak Man
Setelah beli gudeg, kita lanjut jalan ke Malioboro. Hiruk pikuk disana lautan manusia haha serasa tumpah warga berbondong-bondong kesana. Akutuh sampe kliyengan jalan disana saking ramenya. Akhirnya liat  ada Bakso Cak Man, cuss melipir dulu.

Istirahat sejenak sambil makan bakso, setelah jalan kaki lumayan jauh sampe agak gempor juga nih kaki haha. Basonya dijual / pcs. Harganya mulai 5k - 7k. Untuk seporsi bakso seperti pesenanku cukup bayar Rp. 22.500,- aja. Bayarnya pake gopay diskon Rp. 4500,- Cukup murah menurutku untuk makan didaerah sana. Setelah kenyang kita balik hotel istirahat.

4. Sate Klathak Pak Pong

Besok paginya udah fresh dong bangun tidur, kita lanjut makan dihotel trus pergi ke pantai dikawasan gunung kidul. Pulang dari sana, kelaperan lanjut makan di Sate Klathak Pak Pong. Kaget juga pas sampe tujuan, tukang parkir bilang antrinya 2jam, dan kita disuruh ketempat lain aja. Hadeuh pak, wong tujuan kita mau cobain biar ga pinisirin malah disuruh ketempat lain :D

Akhirnya kita masuk, lanjut pesan. Pelayannya bilang tunggunya bisa 1 jam lebih, baiklah.. kita sabar menanti kok walau perut krucuk² haha.. Kita pesan sate klathak, gulai, tongseng, sate kambing.

Penantian kita berakhir setelah nunggu 1,5 jam, satenya dateng juga. Langsung hap aja dhe haha laperr.. Rasa satenya enak, ga bau mbek sama sekali. dagingnya juga empuk. Buat yang uda kelaperan banget baiknya cemal cemil kerupuk  dulu buat ganjel perut sebelom pengsan haha.. Walau nunggu lama, tapi worthy kok.

4. Tempo Gelato

Siapa sih yang bisa nolak kalau dikasih Gelato, ya kan :D Tempo gelato salah satu menu wajib dikunjungi saat kamu ke Jogja. Selain rasanya yang enak, tempatnyapun instagramable banget. tapi jangan kaget liat antriannya ya. Akutuh antri 50 orang, nunggunya juga lebih dari sejam. Karena kita kesana pas libur lebaran jadi rata-rata semua tempat penuh.

5. Warung Klanengan

Penasaran banget mau cobain sate gembos fenomenal karena kesukaan Pak Presiden. Kita belom pernah makan sate gembos sebelumnya, makanya penasaran banget kan. Tapi sesampainya disana, kebanyakan menu habis karna membludaknya tamu yang datang. Kita hanya kebagian bebarapa tusuk sate baso aja haha, lain kali datengnya jangan pas libur lebaran ya, kamu ga akan kuat :p

6. Sate Ratu

Atas rekomendasi teman yang bilang cobain dhe sate ratu karna rasanya yang enak, beda dari sate pada umumnya, kita jadi penasaran pengen coba. Sampe sana kalap pesen kebanyakan haha tapi ga nyesel karna beneran enak! Berhubung perut yang terlalu kalap, jadi sebagian kita bungkus buat makan dijalan.

Masih ada jajanan lainnya, berhubung terjadi suatu hal, ya sudahlah segitu aja😂



1 komentar:

  1. Ternyata banyak juga kuliner nikmat di jogja. Harus kesana, tapi kesananya pas hari kerja aja ahhhh....

    BalasHapus