Rabu, 29 Mei 2019

# Cake # Food

Membuat Roll Cake bersama Fatmah Bahalwan

Dapat kesempatan bertemu idola, wah senengnya.. Dari dulu ngefans sama Bu Fatmah Bahalwan, karena beliau orang pertama yang menginspirasiku dalam hal membuat kue. Dulu tuh aku ga suka makan cake, apalagi bolu-boluan. Lidahnya bener² ndeso. Sampai akhirnya aku hamil anak pertama, dari situ malah seneng makan cake. Setiap hari beli kue bolu di toko bakery deket rumah, sampe berasa boncos bayarnya haha, akhirnya timbul hasrat kepengen bisa bikin sendiri, ahayy..

Berawal dari situ akhirnya mulai browsing², ketemu lah web NCC. Dari sana banyak banget belajar tentang baking. Dan aku sempet ikut kursus NCC. Waktu itu tahun 2008, ga berasa sekarang uda 2019, udah lewat 11 tahun yang lalu. Wah ceritanya masih ada di blog lamaku disini haha.. ngeblog dari jaman dulu tapi vakumnya bertahun-tahun :D

Lanjut, sampai akhirnya aku dapat kesempatan buat bertemu dengan Bu Fatmah lagi dari Sania, wah rejeki banget kan dapet undangan buat belajar bikin Roll Cake sama Bu Fatmah.

Untuk kedua kali aku sambangi markas NCC. Panas terik ga menghalangi, langsung aja order ojol ke tkp. Panas  plus macet warbiyasak sampe kucel semraut keringetan akutuh haha.. Sampai sana, baking class sudah mau dimulai. Aku dan temen² lainnya udah duduk manis siap menerima ilmu :)

Baking Class pun dimulai. Bu Fat akan membuat Green Tiger Roll Cake. Karena roll cake ini menggunakan kuning telur banyak sehingga tidak perlu menggunakan tambahan emulsifier. Resep ini mengocok telur dengan mikser tanpa perlu khawatir over mix. Cake yang tidak memakai emulsifier tidak akan over mix, beda hal nya dengan cake yang memakai emulsifier, apabila over mix maka adonan akan mencair. Kegagalan dalam membuat kue biasanya juga karena saat mengocok adonan yang kurang kental. Karena itu harus diperhatikan dalam mengocok telur biasanya sampai kental berjejak. Berikut resepnya :

Green Tiger Roll Cake
By Fatmah Bahalwan

Bahan Roll Cake :
10 kuning telur
100 gr gula pasir
125 gr mentega kocok
50 gr tepung Sania
1 sdm pasta pandan / greentea

Cara Membuat :
Kocok telur dengan gula dengan mikser hingga kental berjejak. Masukkan tepung terigu Sania, aduk rata. Masukkan mentega kocok, aduk balik. Tuang dalam loyang 22x22x4 cm yang sudah dialasi kertas roti. Panggang dalam oven suhu 180° hingga matang. Kira-kira 20 menitan. Angkat, balikkan diatas kertas roti, gulung. Biarkan dingin baru lepas gulungan. Setelah itu poles dengan buttercream, gulung kembali.

Untuk membuat Tiger Skin, bahan yang diperlukan sebagai berikut :h

Bahan Tiger Skin :
6 butir kuning telur
45 gr gula halus
15 gr tepung maizena
20 gr minyak goreng Sania

Cara membuat Tiger Skin :
Kocok telur dan gula halus sampai kental, masukkan tepung maizena sambil diayak. tambahkan minyak sayur, aduk rata. Tuang kedalam loyang tipis yang sudah dioleh margarin. Panggang dalam oven menggunakan api atas selama 10 menit sampai berbentuk motif tiger.

Penyelesaian :
Oles tipis kulit tiger dengan susu kental manis atau buttercream. Tata bolu gulung diatas adonan tiger skin. gulung kembali. Taraaa, jadi dhe Green Tiger Roll Cake nya.

Pengennya nanti rebake dirumah, tapi belom punya oven gas atau oven listrik yang ada api atasnya :D Yuk Mentemen yang mau ikutan kompetisinya segera meluncur ke Instagram Sania , siapa tau kamu terpilih menjadi Sania Baker Star dan beruntung menangin hadiah oven keren. Good Luck ya..



10 komentar:

  1. Jadi pinter bikin roll cake nih, aku juga mau belajar ah, resepnya bisa kuikutin nih

    BalasHapus
  2. Wah syenangnya bisa belajar bikin kue langsung dari ahli nya sekaligus ideola nya ya bun. Pasti belajarnya jadi dobel semangaat, iya kan bun?

    BalasHapus
  3. Sania emang favoritnya keluargaku kak. Kuliat2 mamaku slalu pake itu

    BalasHapus
  4. langsung bisa diaplikasikan untuk hidangan hari raya dan hantaran keluarga dong kak. ntar kalau sukses dan banyak yang memuji, bisa dijadikan bisnis juga nih hehehe

    BalasHapus
  5. aduh aku baca resepnya aja udah kebayang beb gimana ribetnya bikin kue😂😂😂

    BalasHapus
  6. Bisa untuk segala suasana Pengendong penganan satu ini apalagi saat lebaran gini..

    Aku pengen juga bisa bikin roll cake seperti itu. Cantik warnanya bisa menggugah selera.

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu ada sosok fenomenal Bu Fatmah ini, Mbak. Keren ya hasilnya cookingnya ini. Kayaknya kudu ikutan kompetisi Sania juga. Siapa tahu dapet oven kan

    BalasHapus
  8. Ternyata tiger skin juga makin kece kalau bahannya ditambah sania yak. Saya yang belum pernah baking jadi kepengen contek resepnya loh

    BalasHapus
  9. jadi tambah pinter buat roll cake ya, makin enak pake sania

    BalasHapus
  10. roll cakenya menggoda banget, jadi pengen coba :D

    BalasHapus